Menjelang KTT G20, Ini Isu yang Akan Dibahas

By , Jumat, 14 November 2014 | 18:36 WIB

Menjelang KTT G-20 keamanan di Brisbane, Australia diperketat dan melibatkan lebih dari 5.000 polisi, 3.500 di antaranya berasal dari Queensland dan 1.500 dari Selandia Baru. Polisi Federal Australia juga akan bergabung untuk keamanan ekstra. Hal itu merupakan anggaran keamanan terbesar yang menelan biaya Rp1,2 triliun dan fisilitas untuk mendukung.

para pemimpin dunia yang bergabung dalam G20 mulai berdatangan di Brisbane, Australia. Delegasi dari Jepang, Meksiko, India, Korea, Inggris, dan Indonesia telah tiba tadi malam dan pagi ini.

Konferensi Tingkat Tinggi G20 akan diselenggarakan pada 15-16 November 2014 pekan ini. Anggota Konferensi Tingkat Tinggi G20 beranggotakan 19 negara dengan perekonomian besar di dunia dan Uni Eropa. Topik yang akan dibahas dalam KTT G20 terkait dengan masalah ekonomi dan perdagangan dunia.

Perdana Menterri Australia Tony Abbott menambahkan akan ada tiga topik utama yang dibahas dalam KTT G20. Yakni penguatan sektor swasta untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, memperkuat posisi ekonomi dunia terhadap tantangan pada masa depan, dan bagaimana menopang institusi global.

Selain isu-isu bilateral yang akan dibahas dalam pertemuan KTT G20 yaitu masalah global dan mungkin salah satunya akan dibahas adalah ISIS. Nmun Perdana Menteri Australia Tony Abbott memberi keterangan mengenai hal tersebut.

Banyak hal yang ingin dibahas Presiden Joko Widodo dengan pertemuan Perdana Australia Tony Abbott. Sebab hubungan Indonesia dengan Australia dibilang belum harmonis akibat kasus penyadapan yang dilakukan oleh intelijen Australia dan pengiriman kembali imigran gelap ke wilayah laut Indonesia, diperkirakan akan mewarnai pertemuan kedua negara.

Sementara itu satu hal patut diperhatikan adalah, Presiden Joko Widodo akan kembali menjelaskan kebijakan poros maritim yang menjadi fokus utama pemerintahannya.