Obama: Lindungi Great Barrier Reef dari Perubahan Iklim

By , Minggu, 16 November 2014 | 18:15 WIB

Perihal perubahan iklim, Obama mengharapkan agar Australia tetap menjaga Great Barrier Reef, gugusan terumbu karang terbesar di dunia ini tercatat sebagai warisan dunia.

Menurut Presiden Amerika ini, perlindungan gugusan terumbu karang perlu dilakukan sehingga anak cucu tetap dapat menikmati keindahannya.

“Kini suhu udara semakin meningkat, sehingga cuaca ekstrem dan badai makin sering terjadi. Begitu pula banjir dan peningkatan ketinggian permukaan air laur di Kepulauan Pasifik,” paparnya di depan mahasiswa University of Quensland, Sabtu (15/11).

Oleh karena itu, perlu perhatian lebih untuk menjaga Great Barrier Reef yang terus terancam. Ia menambahkan perlindungan keanekaragaman hayati merupakan tanggung jawab seluruh negara di dunia.

“Tidak ada negara yang tidak berperan, semua harus memegang tanggung jawab ini,” tegasnya. Amerika dan Australia merupakan negara penghasil karbon paling banyak di dunia. 

Obama menegaskan, pertempuran melawan perubahan iklim bukan saja tugas pemerintah tetapi juga generasi muda. “Yang menentukan hidup bumi adalah generasi ini. Jika ingin dunia bersih dan sehat maka harus bertindak. Hidup berkelanjutan adalah kuncinya,” tegasnya.