Hidup Aktif Menjadi Kunci Menjaga Otak Tetap Prima

By , Sabtu, 22 November 2014 | 22:00 WIB

Anda menginginkan otak dalam kondisi prima walau telah berusia lanjut? Maka Anda harus tetap aktif bergerak serta menjaga hubungan sosial dengan lingkungan sekitar. Jika Anda melakukan hal tersebut, niscaya otak akan tetap pada kondisi prima. Jurnal Neurology memaparkan dalam sebuah studi bahwa orang yang bekerja aktif menggunakan otak maka fungsi kognitifnya akan terjaga lebih lama bahkan hingga usia tua.

(Baca juga: Menyibak Kerja Otak)Studi ini meneliti The Lothian Birth Cohort 1936, mereka adalah kumpulan orang yang lahir di Skotlandia dan berusia hampir 80 tahun. Penelitian ini mencari hubungan antara kerumitan pekerjaan dengan perubahan IQ ketika masa tua.

Tim peneliti menyebutkan bahwa semakin lingkungan menuntut seseorang bekerja keras menggunakan otak, maka IQ akan tetap stabil. Walau tim peneliti belum dapat memastikan alasannya, mereka berspekulasi bahwa lingkungan akan memengaruhi kognitif seseorang. Semakin rumit lingkungan menuntut seseorang memanfaatkan otaknya, maka kemampuan kognitifnya akan lebih tinggi.