<i>Black Seadevil</i> Terekam Kamera Robot Penjelajah

By , Sabtu, 29 November 2014 | 11:30 WIB

Sebuah robot menjelajahi dalamnya lautan sambil mengabadikan setiap momen dalam video. Ketika sedang merekam keindahan sekaligus kesunyian laut dalam, terekam makhluk laut yang disebut sebagai black seadevil atau setan hitam lautan.

Jangan bayangkan tentang makhluk semacam hantu yang sering ditakuti manusia. Robot ini merekam sesosok hewan menakutkan, sebutannya anglerfish atau ikan sungut ganda.

( Baca: Ini Jawaban Tentang Keberadaan Hantu )

Peneliti dari Monterey Bay Aquarium Research Institute (MBARI) menggunakan RIV atau remotely operated vehicle untuk menjelajahi ngarai di California sepanjang 153 kilometer menuju arah Samudera Pasifik.

Robot ini menemukan setan hitam lautan pada kedalaman 1.968 kaki atau 600 meter di bawah permukaan. “Ikan ini telah diambil untuk kemudian diteliti lebih lanjut,” kata Bruce Robinson dari MBARI.

Ikan sungut ganda ini mempunyai tonjolan di kepalanya dan ‘antena’. Pada antenanya terdapat bola bercahaya yang tampak begitu menggoda makhluk laut lainnya. Ketika hewan laut mendekati bola bercahaya itu, tak segan-segan setan lautan ini menerkamnya dengan gigi-giginya yang panjang.

Menurut Robinson, jenis ikan sungut ganda ini sangat jarang ditemui. Beruntung robot milik MBARI menemukan ikan menyeramkan ini dengan ukuran sembilan centimeter. 

Pada rekaman video, ikan tersebut mengalami gigi patah pada sebelah kiri rahangnya. Peneliti tidak yakin apakah gigi tersebut dapat tumbuh kembali. 

Sedikit pengetahuan tentang ikan ini, bahwa black seadevil jantan mempunyai jangka hidup lebih pendek dibandingkan betinanya. Untuk mempertahankan hidupnya, si jantan akan menggantungkan hidup pada betina dan hidup sebagai parasit. 

“Jika si jantan tidak menemukan betina, maka mereka akan mati tenggelam,” ujar Ted Petsche dari University of Washington.