Peta Gravitasi Melacak Arus Laut Dunia

By , Rabu, 26 November 2014 | 09:50 WIB

Para ilmuwan berhasil membuat gambar angkasa luar paling akurat tentang arus laut dunia dan kecepatan pergerakannya.

Informasi didapat dari sejumlah satelit, terutama melalui misi Penjelajah Sirkulasi Laut Tetap dan Lapangan Gravitasi (GOCE) Badan Angkasa Luar Eropa.

GOCE yang beroperasi dari tahun 2009 sampai 2013, membuat pengukuran gravitasi bumi dengan tingkat ketepatan sangat tinggi.

Penjelajah ini merinci peran kekuatan arus dalam menggerakkan pergerakan laut, lapor wartawan BBC Jonathan Amos. (Baca juga Satelit GOCE Jatuh Setelah Setengah Jam Melintasi Indonesia)

Model baru—yang dipresentasikan pada konferensi GOCE di markas UNESCO di Paris, Prancis—ini akan memainkan peran mendasar bagi pembuat model iklim, karena pergerakan besar-besaran air membantu memindahkan panas di seputar bumi.

GOCE membawa peralatan yang mampu mengetahui perubahan sekecil apapun pada gravitasi bumi.

Gaya tarik ini bervariasi dari tempat ke tempat karena penyebaran massa yang tidak merata di dalam planet. (Baca juga Satelit GOCE Mulai Masuki Atmosfer Bumi)

Para ilmuwan menggunakan pengamatan ini untuk membuat "geoid" yang pada dasarnya menjelaskan "tingkatan permukaan" pada dunia ideal dimana laut tidak dipengaruhi angin dan arus.