Wilayah Gaza yang Rusak Akibat Perang, Kini Tergenang Banjir

By , Jumat, 28 November 2014 | 11:15 WIB

Sebagian wilayah Gaza yang sudah hancur akibat perang dengan Israel, saat ini tergenang banjir setelah hujan lebat selama dua hari.

Hujan dan banjir ini terjadi, di tengah ribuan warga Gaza yang masih tinggal di tempat penampungan sementara atau puing-puing rumah yang rusak dalam perang.

Perang dengan Israel pertengahan tahun ini menghancurkan atau merusak sekitar 100.000 rumah di Gaza. (Baca: Butuh Rp 3,4 Triliun untuk Pulihkan Gaza)

Di kawasan Shejaiya, Gaza, dilaporkan salah satu daerah yang paling parah terhantam serangan tank Israel, tidak tampak adanya pembangunan kembali.

Rumah warga Gaza di kawasan Shejaiya, tempat paling parah yang rusak akibat serangan Israel.

"Saya sangat khawatir akan cuaca namun tidak ada yang dapat saya kerjakan," kata salah seorang warga di kawasan itu, Ibtisam al-Ijla, 46 tahun, kepada AFP.

Ia dan suaminya melarikan diri tanpa menggunakan alas kaki di tengah pemboman Israel dan saat kembali rumahnya rusak berat.

Namun ia dan suaminya tidak memiliki uang untuk menyewa di tempat lain dan terpaksa kembali ke rumah yang rusak.

Sekitar 30 persen rumah di kawasan dengan 1,8 juta penduduk itu rusak atau hancur. 

Satu keluarga Palestina menikmati kopi di tengah reruntuhan kediaman mereka di Beit Hanun, Jalur Gaza. Setelah Hamas dan Israel sepakat menghentikan tembak-menembak suasana di Jalur Gaza kembali tenang yang membuat warga berani kembali ke kediaman mereka, meski sebagian besar sudah menjadi reruntuhan. (MOHAMMED ABED/AFP, via KOMPAS.com)

Dalam perjanjian yang ditengahi PBB, Israel sepakat untuk melonggarkan blokade delapan tahun guna memasok bahan bangunan untuk rekonstruksi. (Baca: Ini Garis Besar Kesepakatan Gencatan Senjata Jangka Panjang Israel-Palestina)

Tetapi sejauh ini, tidak banyak perkembangan dalam pembangunan kembali Gaza, lansir AFP.