KEHATI Award untuk Perusahaan Hijau Terbaik Indonesia

By , Jumat, 12 Desember 2014 | 09:15 WIB

Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia (KEHATI) menghimpun dan mengelola sumberdaya yang disalurkan dalam bentuk dana hibah, fasilitas, konsultasi, dan berbagai bantuan lain guna menunjang berbagai program pelestarian dan pemanfaatan keanekaragaman hayati yang secara adil dan berkelanjutan.

Berbagai bentuk kerja sama dibuat dengan berbagai lembaga yang mendukung visi dan misi Yayasan KEHATI dalam rangka menyelamatkan keanekaragaman hayati Indonesia dari kepunahan sehingga manfaatnya dapat dinikmati oleh generasi mendatang.

Yayasan Keanekaragaman Hayati Indonesia (KEHATI) kembali memberikan penghargaan untuk ketiga kalinya pada 25 perusahaan yang memenuhi prinsip-prinsip Sustainable & Responsible Investment (SRI).

Di tahun ini, ada tiga penghargaan khusus untuk 3 perusahaan terbaik dari 25 perusahaan yang telah terpilih. “SRI – KEHATI Award akan diberikan kepada 3 perusahaan terbaik dari 25 perusahaan tersebut,” ujar Direktur Eksekutif Yayasan KEHATI, M.S Sembiring dalam acara penganugrahan SRI-KEHATI Award 2014, di Hotel Intercontinental Jakarta.

Menurutnya, sebanyak 25 perusahaan yang diseleksi secara ketat untuk masuk dalam Indeks SRI-KEHATI adalah perusahaan-perusahaan terbaik yang memenuhi 6 aspek fundamental yang merupakan prinsp-prinsip Sustainable & Responsible Investment (SRI).

“Diharapkan perusahaan terbaik itu dapat menjadi role-model yang memicu perusahaan lain mengikuti penerapan pengelolaan perusahaan yang baik dan bertanggung jawab sesuai dengan prinsip,” ujar Sembiring.

Untuk mendapatkan 3 perusahaan terbaik, tim juri independen pimpinan A Sonny Keraf telah melakukan seleksi terhadap 25 perusahaan konstituen Indeks SRI-KEHATI.

Dari penyeleksian tersebut, KEHATI telah mendapat 3 perusahaan terbaik SRI-KEHATI, yaitu PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, dan PT Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk.

Tak hanya penghargaan SRI-KEHATI, penghargaan Indonesia Green Company dari Majalah SWA juga diberi kepada PT. Garuda Indonesia (Persero) Tbk, PT. Gajah Tunggal Tbk, dan terakhir kepada PT. Nestle Indonesia.

Menurut Novianto Herupratomo Direktur Operasi Garuda Indonesia, ia sangat bangga dengan diberikannya penghargaan Indonesia Green Company. “Ini sudah menjadi tugas kita bersama untuk selalu “hemat”, baik hemat energi, hemat bahan bakar, dan segala macam. Karena tujuan akhirnya untuk pelestarian hidup yang lebih baik,” ujar Novianto, di Hotel Intercontinental Jakarta.

Selain itu pemberian penghargaan menjadi indikasi bahwa apa yang telah dilakukan selama ini sudah benar dan sesuai, juga menjadi motivasi kepada karyawan untuk terus melakukan hal yang lebih baik.