Toliet Kuno Berasal Dari Zaman Peninggalan Ratu Victoria

By , Sabtu, 20 Desember 2014 | 10:20 WIB

Sebuah toilet kencing umum di Kota Clifton, Inggris merupakan bangunan lama yang berasal dari peninggalan zaman Ratu Victoria. Kini toilet kuno itu telah didaftarkan menjadi peninggalan sejarah yang harus dilindungi.

Letak toilet ini berada  di dekat taman di Jalan Whiteladies, Clifton.Pada tahun 1880an, perusahan ornamen baja bernama W. MacFarlane mendirikan toilet umum tersebut. 

Yayasan cagar budaya Inggris English Heritage,mengatakan bangunan toilet yang memiliki "struktur bersahabat" ini menjadi berarti sebagai ikon penting kota Clifton. Juru bicara English Heritage mengatakan bangunan bercat hijau ini merupakan elemen bersejarah di tempat umum yang sangat rentan dari kerusakan. Sehingga toilet umum ini dipertimbangkan untuk dilindungi dari kerusakan.

Sementara, Dewan Kota Bristol mengatakan bangunan yang terbuat dari besi itu tetap terawat sangat baik serta masih dihargai dan digunakan hingga sekarang.

Toilet umum ini merupakan contoh hidup dari bangunan untuk kepentingan umum yang langka yang mewakili aspirasi masyarakat dari pihak berwenang di pinggiran kota Bristol pada akhir zaman Victoria.

Kini bangunan terancam dibongkar seiring program penghematan yang dilakukan pemerintah, sehingga layak mendapat perlindungan dari English Heritage.