Menciptakan Barista Muda yang Berpotensi

By , Senin, 22 Desember 2014 | 08:00 WIB

A Bunch of Caffeine Dealers (ABCD) School of Coffee yang berlokasi di Pasar Santa, Kebayoran Baru, menjadi salah satu media untuk belajar dan berlatih bagaimana cara membuat kopi terbaik. Tentu dengan tujuan mencetak barista baru. Untuk mencapai tujuan itu, ABCD Coffee membuat kerja sama dengan sebuah organisasi non-profit SOS Children’s Villages Indonesia yang memperjuangkan hak dasar anak.

Dalam rangka memperingati sepuluh tahun Tsunami Aceh di Goethe Institut, Menteng, Jakarta, Minggu 21 Desember 2014. Ve salah satu pendiri ABCD Coffee terlihat sedang serius memperhatikan salah satu anak didiknya yang sedang membuat kopi. Anak itu merupakan anak dari SOS Children’s Villages daerah Jakarta.

“Sejak 2004 Hendry sudah tahu juga mempelajari program-program SOS Children’s Villages dan memang sudah lama kita ingin bekerja sama,” ungkap Ve.

Ia menjelaskan dengan kerja sama tersebut, anak-anak yang siap kerja akan diberi pelatihan agar mereka mempunyai keterampilan baru terutama meracik kopi. Saat ini barista sangat dibutuhkan karena jumlah kafe kopi di Jakarta terus bertambah. Baca juga: Belajar Membuat Kopi Terbaik Melalui A Bunch of Caffeine Dealers Coffee

"Tiap bulannya kami akan melatih 4 orang, dan ini free alias gratis,” katanya.

Di sisi lain, Nugi Sukma anak SOS Children’s Villages Jakarta yang mengikuti pelatihan ABCD Coffee mengatakan membuat kopi adalah pengetahuan yang baru baginya, “saya baru belajar 3 kali dan saya ingin mempelajari lebih dalam lagi mengenai kopi.”

Untuk menjadi seorang barista, tentu harus bisa membedakan berbagai aroma kopi. Nugi mengaku sempat kesulitan untuk mengetahui jenis-jenis kopi, mengetahui kopi yang berkualitas, dan membedakan aroma kopi. Berkat keseriusan yang dilakoni, kini Nugi sudah paham membuat kopi espresso, moccacino, cappucino, dan kopi arabika.

Memang melakukan sesuatu harus dilakukan dengan serius, agar hasil yang dilakukan dapat maksimal. Ve berharap anak-anak yang berlatih membuat kopi dapat menjadi barista. Ve menegaskan tak perlu khawatir di dunia kerja barista, sebab ABCD Coffee mempunyai banyak saluran kerja di bidang kopi maupun teknisi mesin kopi.