Pohon Natal Ini dari Pipa Besi

By , Jumat, 26 Desember 2014 | 07:00 WIB

Ada satu hal yang menarik perhatian ketika mendatangi Gereja Ayam GPIB Pniel, Pasar Baru, Jakarta Pusat. Ketika memasuki areal Gereja, anda akan disambut dengan pohon Natal.

Namun pohon Natal ini berbeda dari pohon Natal pada umumnya. Jika biasanya pohon Natal dibuat dari pohon cemara, maka pohon Natal ini dibuat dari pipa besi. Pohon Natal "besi" ini dibuat menggunakan tiga buah pipa sepanjang sekitar 5 meter dan satu buah pipa sepanjan 1,5 meter.

Pipa-pipa tersebut kemudian dirangakai membentuk segitiga sehingga menyerupai pohon Natal. Pohon Natal tersebut kemudian dihias menggunakan aksesoris seperti lampu warna warni, bola-bola, dan hiasan Natal lainnya.

Di puncak pohon, dipasang sebuah hiasan berbentuk bintang yang dapat menyala. Menurut pelayan Gereja, Naomi Ninkeula, pembuatan pohon Natal tersebut dikerjakan selama sekitar satu minggu, oleh pelayan Gereja dan sejumlah relawan.

Naomi mengaku pembuatan pohon Natal besi ini tidak memakan biaya mahal, karena aksesoris yang digunakan merupakan aksesoris yang pernah digunakan pada pohon Natal pada tahun sebelumnya. Dia menyebutkan pembuatan pohon Natal tersebut menelan biaya kurang dari Rp 1 juta.

"Kita buat pohon Natal sebagus mungkin dengan biaya semurah mungkin," kata Naomi.

Gereja Ayam GPIB Pniel tahun ini membuat dua buah pohon Natal dari besi. Selain pohon Natal besi yang diletakkan di areal parkir Gereja, satu pohon Natal lainnya dipajang di dalam gereja, dengan model kerangka pohon yang berbeda dengan pohon yang terletak di areal parkir.