Tujuh Sektor Pencarian yang Jadi Fokus Penelusuran QZ8501

By , Senin, 29 Desember 2014 | 18:57 WIB

Co Pilot Pesawat Hercules C-130 Alpha 1319, Lettu Pnb Galang M Casae mengatakan, ada tujuh sektor pencarian yang dilakukan untuk menelusuri jejak pesawat Airbus 320 milik maskapai penerbangan AirAsia yang hilang. Dalam penelusuran ini, TNI AU dibantu oleh pesawat milik Malaysia dan Singapura.

Galang menjelaskan, dua pesawat Hercules yang dikerahkan TNI AU dari bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, menelusuri Sektor 1 dan Sektor 2, yakni di perairan Tanjung Pandan bagian utara. Sementara pesawat Boeing 737 yang dikerahkan dari Bandara Supandio, Pontianak, Kalimantan Barat, menyusuri wilayah sebelah timur perairan Ketapang, Kalimantan Barat.

"Untuk sektor 4, 5, 6, dan 7 di-cover oleh pesawat Malaysia dan Singapura. Posisi laut ini tepatnya di Laut Jawa posisi utara Juanda sejauh 60 nautical mile. Malaysia menyusuri bagian bagian utara, Singapura bagian selatan," kata dia saat berbincang di tengah pencarian, Senin (29/12).

Ia menambahkan, untuk Sektor 4 yang menjadi area pencarian pesawat Singapura, di lokasi inilah terakhir kontak pesawat AirAsia itu dilakukan. TNI AU kemarin pun telah melakukan penelusuran di wilayah tersebut. Namun, dalam penelusuran itu mereka belum menemukan apapun.

"Jadi mereka mengulang apa yang sudah kami cari kemarin," katanaya.