Wapres Apresiasi Tim Pencari Gabungan AirAsia QZ8501

By , Selasa, 30 Desember 2014 | 16:39 WIB

Wakil Presiden Jusuf Kalla mengapresiasi kerja Badan SAR Nasional dan aparat pencari gabungan yang berhasil menemukan serpihan yang diduga berasal dari pesawat AirAsia QZ8501. Serpihan itu ditemukan di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah.

"Tentu kita merasa berterima kasih kepada Basarnas dan semua aparat yang telah bekerja keras dan menemukan benda-benda dan juga tentu jenazah itu," kata Kalla di Kantor Wakil Presiden Jakarta, Selasa (30/12/2014).

Kalla mengatakan, penemuan ini membuktikan kerja keras tim pencari. "Ini membuktikan bahwa kerja keras dan kemampuan kita apabila bekerja secara bersama itu dapat tercapai," sambung dia.

Sebelumnya diberitakan, Basarnas menyatakan bahwa serpihan yang ditemukan di sebelah barat daya Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah, hampir dapat dipastikan adalah milik pesawat AirAsia QZ8501 yang hilang kontak sejak Minggu (28/12/2014).

"Dari temuan itu, saya selaku search and rescue coordinator memastikan 95 persen lokasi yang tergambar di sini adalah lokasi serpihan-serpihan maupun benda-benda yang diduga berasal dari pesawat," ucap Kepala Marsdya TNI F Henry Bambang Soelistyo.

Selanjutnya, Basarnas akan mengirim tim penyelam untuk mencari puing dan jenazah penumpang dari pesawat AirAsia QZ8501 di perairan dekat Pangkalan Bun.

Basarnas juga akan menerjunkan alat submersible vehicle untuk membantu proses pencarian serpihan pesawat AirAsia QZ8501. Alat itu akan diterjunkan untuk menjangkau wilayah yang tak dapat dicapai penyelam.