Kapal KD Lekir Malaysia Temukan Seluncuran Darurat QZ8501

By , Kamis, 1 Januari 2015 | 16:22 WIB

Tim pencarian pesawat AirAsia QZ8501 menemukan bagian pesawat berukuran besar berupa tangga atau seluncuran darurat (emergency tube).

Benda yang ditemukan kapal Malaysia itu telah diserahkan ke Posko Pelabuhan Panglima Utar, Kalimantan Tengah. Kementerian Pertahanan Malaysia merilis foto kru Angkatan Laut-nya saat mengemas temuan tersebut.

Puing tersebut tiba di pelabuhan pada Kamis (1/1) sekitar pukul 10.15 WIB. Puing tersebut dibawa ke posko pelabuhan oleh Kapal Polisi Punai dari kapal Malaysia KD Lekir.

"Seluncuran darurat itu hasil titipan kapal malaysia KD Lekir 26. Alhamdullilah bisa sampai Kumai," ujar Kapolda Kalteng Brigjen Pol Bambang Hermanu, Kamis(1/1).

Selain itu, menurut Bambang, berdasarkan laporan yang diterimanya, puing tersebut ditemukan di titik lokasi 03 derajat 53.86 Lintang Selatan dan 110 derajat 45.42 Bujur Timur.

"Pukul 05.30 tadi diserahkan, jam 1 atau 2 dini hari ditemukan," katanya.

Setelah diserahkan secara simbolis kepada Basarnas, puing tersebut selanjutnya dibawa ke Lanud Iskandar, Pangkalan Bun untuk disatukan dengan puing lainnya. "Diserahkan ke Basarnas untuk diteliti KNKT," tuturnya.