Helikopter Amerika Bawa Empat Kantung Jenazah QZ8501

By , Jumat, 2 Januari 2015 | 14:36 WIB

Sebuah Helikopter Seahawk milik Angkatan Laut Amerika Serikat membawa empat kantung mayat berisi jenazah penumpang pesawat AirAsia QZ8501. Helikopter itu tiba di Landasan Udara Iskandar Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah sekitar pukul 13.10 WIB.

Pantauan di lokasi, helikopter itu diawaki oleh seorang pilot dan dua orang anggota AL Amerika Serikat yang terlihat mengenakan pakaian antiradiasi berwarna putih. Salah satu kru terlihat turun terlebih dahulu untuk berkoordinasi dengan anggota Badan SAR Nasional sebelum memindahkan keempat kantung jenazah.

Setelah diturunkan, keempat kantung jenazah berwarna hijau kehitaman itu lantas dibawa dengan menggunakan empat mobil ambulans menuju RSUD Imanuddin, Pangkalan Bun, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah. Selain kantung jenazah, helikopter Seahawk yang berasal dari USS Sampsons 102 itu juga membawa sebuah benda yang terbungkus alumunium foil secara rapat. Belum diketahui apakah benda yang terdapat di dalam bungkusan alumunium foil itu. Direktur Eksekutiv Disasster Victims Investigation (DVI) Polri Kombes Pol Anton Castilani, mengaku, belum mengetahui secara pasti berapa jumlah jenazah yang terdapat di dalam keempat kantung itu.

"Nanti saya pastikan dulu. Satu jam lagi saya kabari hasilnya," kata Anton di Lanud Iskandar, Jumat (2/1).