Jika Asteroid Menghantam Bumi...

By , Sabtu, 3 Januari 2015 | 18:45 WIB

Jika saja asteroid menghantam Samudera di Bumi, maka kehancuran pesisr pantai Amerika bukan hal tidak mungkin. Apabila sebongkah asteroid menghantam pesisir pantai Maryland di Amerika, maka gelombang setinggi tujuh meter akan tercipta. Alhasil, New York hingga Georgia akan digenangi banjir, begitu pula dengan California.

Guna mengukur dampak jika asteroid menghantam Bumi, Souheil Ezzedine mengkalkulasi dampak hantaman asteroid ke bumi dengan menggunakan komputer sebagai alat simulasi. Jika asteroid berukuran 50 meter menghantam Bumi, hasil simulasi milik Ezzedine mengungkap bahwa permukaan air laut akan meninggi hingga tiga meter.

Apalagi sejak 2012, peningkatan ketinggian air laut akibat pemanasan global semakin parah. Menurut Ezzedine meningkatnya ketinggian air laut akan memperparah dampak hantaman asteroid. “Ini bukanlah kabar baik,” ujar Ezzedine dikutip dari Live Science.

Sementara, penelitian lain mengungkap hal yang berkebalikan. Sebuah asteroid dengan diameter satu hingga dua kilometer —lebih besar dari yang dikalkulasi Ezzedine—yang menghantam tepi pantai Chili 2,1 miliar tahun lalu bahkan tidak menyebabkan gelombang tsunami.

“Ini hanya seperti batu besar yang tidak menyebabkan masalah,” ujar Melosh. Ia menambahkan sebuah gelombang besar memang akan tercipta, akan tetapi akan cepat bergolak dan menghilang.