Pesawat Amfibi Rusia Bersiap Mencari Kotak Hitam AirAsia QZ8501

By , Sabtu, 3 Januari 2015 | 19:53 WIB

Pesawat amfibi Rusia, Beriev BE-200 CS yang memiliki peralatan terbaik di dunia tiba di Lapangan Udara Iskandar, Pangkalanbun, Kalimantan Tengah, Sabtu (3/1) petang. 

Pesawat Rusia dengan 70 personel, termasuk 22 penyelam tersebut, akan melakukan misi pencarian black box, badan hingga puing pesawat AirAsia QZ8501 yang jatuh di dasar perairan Teluk Kumai, Pangkalanbun, Minggu (28/12). 

Wakil Duta Besar Rusia di Indonesia, Alexander Shilin mengatakan, pesawat jet Amfibi ini membawa alat Submersive seberat 500 kilogram yang mampu mencitrakan objek kecil di bawah laut hingga kedalaman 300 meter. 

"Ini sangat bisa membantu, karena dilengkapi dengan sistem sonar yang bisa melacak keberadaan black box. Kami optimistis bisa berhasil," kata Alexander. 

Alexander pun meyakini pesawat jet yang mampu mendarat di air dan dilengkapi peralatan canggih ini mampu menemukan black box pesawat AirAsia QZ8501. 

"Tujuan utama kami menemukan black box. Tapi, kami juga bisa menemukan apa pun juga di bawah laut karena alat kami canggih," sambung Alexander.