Tiga Kursi Pesawat Ditemukan di Area Prioritas Pencarian QZ8501

By , Senin, 5 Januari 2015 | 15:54 WIB

Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Marsekal Madya TNI FH Bambang Soelistyo mengatakan, tim gabungan menemukan tiga kursi penumpang yang diduga milik pesawat AirAsia QZ8501. Objek tersebut ditemukan di wilayah prioritas di Selat Karimata, Kalimantan Tengah.

"Ditemukan serpihan bagian pesawat, ada kursi. Masih ada di area prioritas," ujar Soelistyo di Kantor Basarnas, Jakarta, Senin (5/1).

Selain menemukan kursi, kata dia, kembali ditemukan tiga jenazah di sektor prioritas pada pukul 13.14 WIB. Sehingga jumlah jenazah yang telah dievakuasi sebanyak 37 jenazah.

Soelistyo mengatakan, hari ini cuaca di sekitar wilayah pencarian cukup cerah sehingga misi pencarian dapat dilanjutkan. Namun, kata dia, pencarian di dasar laut masih tidak dapat dilakukan tim penyelam karena arus bawah laut masih deras, sekitar 2-4 knot.

"Tim penyelam termasuk yang dari Rusia belum bisa menyelam untuk pencarian. Baru dua yang bisa menyelam," kata Soelistyo.

Soelistyo mengatakan, lima objek yang telah ditemukan kemarin ditambah kursi pesawat yang baru ditemukan masih dilakukan upaya konfirmasi Komisi Nasional Keselamatan Transportasi.

"Kelima objek diduga bagian pesawat sekarang upaya konfirmasi," kata dia.