Gambar Kegiatan Kapal Perang AS dalam Operasi Pencarian AirAsia

By , Rabu, 7 Januari 2015 | 11:10 WIB

Berikut adalah beberapa foto kegiatan kapal dan para awaknya saat lakukan pencarian korban pesawat AirAsia, yang dirilis Angkatan Laut AS, Rabu (7/1).

Atas permintaan pemerintah Indonesia, kapal USS Sampson telah berada di lokasi pencarian sejak tanggal 29 Desember. Pada 3 Januari, kapal USS Fort Worth juga tiba di area pencarian.

USS Fort Worth merupakan kapal tempur untuk daerah pesisir yang saat ini ditempatkan di Armada ke 7 AS. Kapal itu punya kemampuan manuver, kecepatan dan berlayar di perairan dangkal, yang memungkinkannya untuk melakukan pencarian secara visual dan radar dengan cepat. Fort Worth juga dilengkapi sebuah helikopter MH-60R serta dua perahu karet sepanjang 11 meter untuk lebih memaksimalkan usaha.

Adapun USS Sampson telah membantu upaya pencarian sejak 29 Desember. Awak kapal itu telah menemukan beberapa jenazah korban pada tanggal 1 dan 2 Januari.

Sebanyak 12 jenazah telah diangkut dengan helikopter Sea Hawk dan diserahkan kepada pihak berwenang Indonesia di Pangkalan Udara Iskadar di Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah.

Angkatan Laut AS mengatakan, kedua kapal perangnya itu akan tetap berada di lokasi pencarian selama bantuannya dibutuhkan Indonesia.