Australia Selatan Masih Dilanda Kebakaran

By , Rabu, 7 Januari 2015 | 12:46 WIB

Kebakaran yang melanda lahan seluas 12.500 hektare di Australia Selatan, persisnya kawasan Adelaide Hills terjadi sejak Jumat (2/1) lalu.

Akibatnya, lebih dari 100 orang memerlukan perawatan rumah sakit dan sedikitnya 38 rumah dan 125 bangunan hancur. Adapun jumlah ternak yang mati belum bisa dipastikan.

Dinas Pemadam Kebakaran Australia Selatan mengatakan masih ada beberapa titik api yang berpotensi berkobar. Namun Scott Turner, petugas dinas pemadam yang memantau insiden tersebut, mengaku 85 persen kobaran api telah dihentikan.

“Kami memiliki 14 pesawat yang bisa kami gunakan. Kami akan mengerahkan segenap aset yang kami miliki untuk melindungi warga dan menghentikan kobaran api semakin luas,” kata Turner sebagaimana dikutip kantor berita AFP.

Menteri Besar Australia Selatan, Jay Weatherill, memuji kiprah petugas pemadam. Namun, dia mengingatkan agar mereka tidak terlalu cepat puas.

”Kami tahu kami berada dalam tahap berbahaya, tatkala manusia lelah dan merasa aman yang membuat sepertinya masa-masa buruk telah lewat,” kata Weatherill.

Australia mengalami kebakaran hutan setiap tahun. Pada 1983 lebih dari 70 orang tewas di Australia Selatan dan Victoria akibat kebakaran.

Namun, yang terparah berlangsung pada 2009. Kala itu, kebakaran yang dijuluki ‘Black Saturday’ menewaskan 173 orang dan melalap lebih dari 2.000 rumah di Victoria.