Kenali Teknologi Tinggi Milik Helikopter Seahawk

By , Kamis, 8 Januari 2015 | 10:30 WIB

Hilangnya pesawat  AirAsia QZ 8501 rute Surabaya-Singapura, Minggu (28/12) membuat sejumlah negara tetangga memberikan bantuan dan ikut melakukan pencarian pesawat AirAsia.

Amerika mengerahkan USS Sampson dan Helikopter Seahawk dalam misi pencarian pesawat AisAsia. Dalam misi pencarian, Seahawk berulang kali mengangkut jenazah korban dari USS Sampson ke Lanud Iskandar, Pangkalanbun.

Sebenarnya apa saja kecanggihan Helikopter Seahawk milik Angkatan Laut Amerika Serikat?

Seahawk bukanlah sembarang helikopter sebab dibuat khusus untuk mendukung setiap operasi laut yang dilakukan AL Amerika. Seahawk dilengkapi dengan Sonobuoy, sebuah alat pencari benda di dalam laut. Alat itu biasanya digunakan untuk mencari kapal selam musuh.

Heli ini pertama kali dibuat pada 12 Desember 1979 dan selalu menemani armada kapal perang AS dalam setiap misinya. Seahawk mempunyai beberapa kemampuan seperti ASW Anti Submarine Warfare, Search and Rescue, Pengintaian, Communication Relay, Naval Gunfire Support.

Selain itu Seahawk dilengkapi beberapa peralatan canggih yang menunjang setiap operasi atau misi. Salah satunya counter measure sebuah perangkat elektronik yang memampukan helikopter mengetahui dirinya saat dibidik oleh perangkat rudah.

Saat proses pencarian AirAsia yang terhambat dengan cuaca, Helikopter Seahawk mempunyai daya jelayah yang mampu terbang lama dan memiliki kemampuan melihat obyek di atas laut yang lebih detail.

Helikopter Seahawk juga mampu mengangkut sekaligus empat jenazah dalam sekali evakuasi.