Satu Lagi <i>Black Box</I> Pesawat AirAsia Ditemukan

By , Selasa, 13 Januari 2015 | 12:00 WIB

Tim penyelam telah mengangkat rekaman percakapan di kokpit atau cockpit voice recorder pesawat AirAsia QZ8501 dan telah berada di KRI Banda Aceh di perairan Selat Karimata, seperti disampaikan oleh pejabat yang tidak ingin disebutkan namanya.

Pengangkatan cockpit voice recorder (CVR) ini melengkapi penemuan bagian kotak hitam sebelumnya, yang berisi rekaman data penerbangan atau flight data recorder (FDR) pada Senin (12/1), sebagai upaya untuk mencari penyebab kecelakaan pesawat yang mengangkut 162 orang ini.

Sementara itu, Kepala Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Tatang Kurniadi, mengatakan Indonesia akan memimpin proses penyelidikan dan akan menganalisis seluruh data yang berada di FDR, tetapi juga melibatkan sejumlah negara untuk memberikan masukan yang dibutuhkan, seperti Singapura, Korea Selatan, Inggris, AS, dan Prancis.

Tim penyelam juga sudah mengangkat FDR. Basarnas mengatakan FDR ditemukan di bawah puing-puing sayap kemudian dievakuasi pada Senin (12/1) pagi oleh tim penyelam TNI Angkatan Laut.