Setelah Hilang Bertahun-Tahun, Beagle 2 Ditemukan di Permukaan Mars

By , Sabtu, 17 Januari 2015 | 11:15 WIB

Setelah dinyatakan hilang lebih dari satu dekade, wahana Beagle 2 akhirnya ditemukan. Sejak pendaratannya di Mars pada Natal tahun 2003 silam, wahana ini tidak dapat terdeteksi. Penemuan ini menunjukkan bahwa misi yang diemban Beagle 2 telah berjalan dengan sukses.

Badan Antariksa Inggris itu mengatakan bahwa sebagian wahana yang berfungsi itu akan menjelaskan alasan tidak ada sinyal atau data diterima dari Beagle 2. Lebih lanjut mereka menjelaskan penyebab tidak ada kabarnya Beagle 2 disebabkan fungsi penuh seluruh panel surya diperlukan untuk mengirimkan data dan menerima perintah dari Bumi.

Dikutip dari ABC News, Chef Executive Badan Antariksa Inggris David Parker mengatakan, "Sejarah eksplorasi ruang angkasa ditandai dengan kesuksesan dan kegagalan." Menurutnya temuan ini membuat kasus bahwa Beagle 2 lebih sukses daripada sebelumnya kita tahu dan tidak diragukan lagi merupakan langkah penting dalam melanjutkan eksplorasi Eropa Mars.

The British-built Beagle 2 diluncurkan pada Badan Antariksa Eropa untuk mengorbit Mars Express dan seharusnya mencari kehidupan. Setelah proyek ini gagal, dua pesawat ruang angkasa AS mendarat di Mars dan dikirim kembali banyak gambar dan data ilmiah yang luas.

Badan Antariksa Inggris mengungkap bahwa ada bukti jelas penemuan wahana yang hilang itu melalui gambar-gambar satelit yang diambil oleh pesawat milik NASA yang disebut Mars Reconnaissance Orbiter.