Wanita Tertua di Inggris Meninggal Dunia

By , Minggu, 18 Januari 2015 | 10:20 WIB

Lahir pada saat Ratu Victoria masih berkuasa, ia diyakni sebagai yang tertua di Inggris. Ethel Lang lahir di Wilayah Worsbrough, Barnslet, 27 Mei 1900 dan tinggal di kota pertambangan South Yorkshire. 

Pada tahun 2005, ia pindah ke rumah jompo Water Royd di Barnsley. Di tempat itu pula, pada Kamis (15/1) ia tutup usia. Ethel Lang meninggalkan seorang putri berusia 91 tahun.

Dia merupakan orang tertua di Inggris setelah seorang warga London bernama Grace Jones meninggal dunia di usia 113 tahun pada 2013. Sejarah mencatat, Ethel Lang adalah salah satu dari enam perempuan yang meninggalkan bangku sekolah pada usia 13 untuk bekerja di pabrik pakaian. Dia menikah dengan suaminya, William, pada tahun 1922 dan memiliki seorang putri bernama Margaret. Sementara suami Ethel Lang wafat pada tahun 1988.

Ethel Lang dilahirkan pada 1900 saat Ratu Victoria berkuasa di tanah Inggris. (via BBC Indonesia)

"Dia adalah seorang ibu yang baik, saya lama tinggal dengan dirinya. Saya adalah orang yang sangat beruntung..," kata sang putri, Margaret Walker kepada BBC Radio Sheffield. Menurutnya, saat mengalami kebutaan di usia 85 tahun, ibunya masih dapat menikmati siaran radio tentang pertandingan snooker. "Dia mencintai snooker dan mencintai (pemain) Jimmy White. Dia selalu mendukungnya," tambahnya.

Berbicara kepada BBC pada hari ulangnya ke-108, Lang mengatakan bahwa ingatannya tentang Perang Dunia terus membekas.

Sepeninggal Ethel Lang, sejumlah laporan menyebutkan, status perempuan tertua di Inggris adalah Gladys Hooper yang berusia 111 tahun. Dia akan berusia 112 tahun pada hari Minggu (18/1) ini.

Sejauh ini orang tertua di dunia disandang oleh Misao Okawa, seorang perempuan Jepang yang merayakan ulang tahun ke-116 pada Maret lalu