Pesawat Tenaga Surya yang Akan Keliling Dunia Umumkan Rutenya

By , Kamis, 22 Januari 2015 | 17:15 WIB

Dalam waktu satu bulan lagi, dua pilot kebangsaan Swiss akan melakukan misi yang memecahkan rekor: pertama dalam sejarah, penerbangan keliling dunia tanpa menggunakan bahan bakar sama sekali.

Kedua pilot pionir tersebut, Andre Borschberg dan Bertrand Piccard, akan melakukan perjalanan dengan pesawat bertenaga surya Solar Impulse 2.

Selasa (20/1), mereka telah mengumumkan resmi rute yang akan ditempuh dengan Solar Impulse 2.

Awal perjalanan ini dimulai dari Abu Dhabi, Uni Emirat Arab pada akhir Februari atau awal Maret. Dengan jarak tempuh 35.000 kilometer, diperkirakan perjalanan akan berlangsung lima bulan.

Dari Abu Dhabi, mengitari dunia, kembali ke Abu Dhabi. Inilah peta jalan untuk Solar Impulse, yang menjadi terobosan pesawat energi terbarukan. (Twitter/@solarimpulse)

Rencananya mereka akan kembali ke Abu Dhabi pada akhir bulan Juli atau Agustus awal.

Solar Impulse 2 merupakan pesawat berbahan serat karbon, yang dilapisi 17.248 sel surya untuk memanen tenaga matahari yang dipakai menggerakkan mesin pesawat ketika terbang, sementara kedua pilot akan bergantian memegang kontrol di ruang kabin kecil selama lima hari (siang dan malam) berturut-turut.

Penerbangan debut Solar Impulse 2 telah dilakukan Juni 2014 di Swiss. Saat itu, pesawat terbang dengan ketinggian maksimum 1.680 meter dan mengudara dengan kecepatan rata-rata 55,6 kilometer/jam.