Status Kritis di Pintu Air Penjaringan

By , Kamis, 22 Januari 2015 | 12:00 WIB

Menyusul hujan deras yang mengguyur wilayah DKI Jakarta, kondisi pintu air di Pasar Ikan, Penjaringan, Jakarta Utara, pada Kamis (22/1) pagi ini mencapai status Siaga II atau kritis. Data dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta sampai mencatat kondisi permukaan air di kawasan tersebut telah mencapai ketinggian sekitar 202 sentimeter.

Sejak semalam, ketinggian pintu air di Pasar Ikan terus mengalami peningkatan. Pada sekitar pukul 02.00, ketinggian pintu air mencapai 156 sentimeter, yang kemudian meningkat menjadi 161 sentimeter pada sekitar pukul 04.00, dan meningkat kembali menjadi 171 sentimeter dari pukul 06.00 sampai dengan sekitar pukul 09.00, sampai akhirnya mencapai 202 sentimeter.

Selain di Pasar Ikan, pintu air lainnya yang mengalami peningkatan adalah pintu air Karet. Namun, berbeda dari pintu air di Pasar Ikan, pintu air Karet baru mencapai status siaga III alias waspada.

Sebagai informasi, hujan deras masih terus mengguyur wilayah Jakarta dari sejak sekitar pukul 06.00 sampai dengan sekitar pukul 11.00. Badan Meteorologi, Krimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan akan terus mengguyur sepanjang hari ini.

Berbeda dengan ketinggian pintu air di Pasar Ikan dan Karet, kondisi sejumlah pintu air di Jakarta seperti Katulampa, Manggarai, Pluit, Cipinang Hulu, dan Pulogadung, terpantau masih dalam status Siaga IV alias aman.

Berikut informasi mengenai ketinggian pintu air di 10 lokasi lainnya: