10 Makanan dan Minuman di Tanjungpinang yang Wajib Dicicipi

By , Kamis, 22 Januari 2015 | 15:48 WIB

Berada di tengah-tengah tumbuhnya kebudayaan Melayu, Cina dan India, wisata kuliner di kota ini dihiasi oleh beragam makanan dengan sentuhan cita rasa ketiga budaya tersebut.  

Semua dijamin nikmat, berasa khas, dan menggugah selera! Demikianlah kalimat yang tertulis dalam The Beauty of Nature: An Essential Guide to Explore Kepri. Apa saja makanan itu?

1. Otak-otakDibuat dari daging ikan yang dihaluskan dan diberi bumbu-bumbu. Tak hanya dibuat dari tenggiri yang berwarna putih, di sini otak-otak juga dibuat dari sotong. Makanan ini juga banyak dijajakan di sekitar pelabuhan atau pasar.

2. Ikan Asam PedasDengan aroma yang khas, kuah kental yang berwarna merah dari makanan ini amat menggugah selera. Rasa pedasnya datang dari perpaduan antara lada putih, cabai, serta jahe yang menjadi satu saat menyentuh lidah.

3. Sup IkanSup ikan yang terkenal di kota ini adalah sup ikan yang terbuat dari daging tenggiri. Selain memiliki kandungan putih telur di dalamnya, campuran lainnya adalah belimbing serta tomat hijau yang membuat rasa sup ini semakin segar.

!break!
Roti Prata (Thinkstock)

4. Nasi LemakNasi lemak adalah makanan khas melayu yang disajikan bersamaan dengan ikan bilis, kacang, telur rebus serta sambal dan irisan mentimun. Salah satu nasi lemak yang terkenal di Tanjungpinang berada di kawasan Kawal.

5. Mi LendirNama masakan yang satu ini bisa jadi membuat pengunjung merasa jijik, atau penasaran. Mi rebus ini disajikan bersamaan dengan saus kacang, serupa tapi tak sama rasanya dibandingkan dengan bumbu sate. Menu yang satu ini biasanya disajikan pada pagi hari.

6. GonggongInilah satwa laut sejenis siput yang merupakan makanan kebanggaan masyarakat Kepri, dan diklaim hanya hidup di perairan sekitar daerah ini. Menggunakan tusuk gigi sebagai pencungkil, gonggong disajikan dengan bumbu bercabai atau bumbu kacang.

7. Roti PrataDi berbagai restoran di Tanjungpinang, tersedia roti prata nana gurih berikut kuah karinya. Terdapat dua jenis prata di kota ini: prata kosong dan prata isi. Prata biasanya diisi oleh daging sapi atau ayam, dimakan dengan kuah kari atau kecap dan cuka.

!break!
Ilustrasi Teh Obeng (Thinkstock)

8. Bak Kut TehBak kut teh memilik arti daging tulang teh. Bak kut sendiri adalah iga babi, sedangkan kata teh berasal dari kuah yang berwarna cokelat seperti teh. Kuah ini merupakan kaldu babi, dengan rasa rempah-rempah seperti bawang putih serta lada yang kuat.

9. Teh ObengTeh obeng sebenarnya merupakan teh manis dengan es biasa. Dari mana nama ini berasal? Menurut The Beauty of Nature: An Essential Guide to Explore Kepri, dahulu nama ini berasal dari Teh Apeng (Peng berarti es). Namun akhirnya lidah lokal mengganti kata peng dengan beng.

10. Teh TarikTeh tarik adalah teh yang dicampur dengan susu manis. Busa yang menghias bagian atas teh dihasilkan dengan cara menuangkan ramuan ini dari satu gelas ke gelas lainnya. Teh tarik biasanya dinikmati bersama nasi lemak atau roti prata.