Ini Alasan Serangan Flu Rentan pada Musim Hujan

By , Jumat, 23 Januari 2015 | 19:00 WIB

Bepergian di saat hujan bisa menyebabkan sakit flu. Sebuah penelitian di Yale University membuktikan kebenaran nasihat itu.

Hasil penelitian tersebut menemukan bahwa menghindari flu bisa dilakukan dengan tindakan sederhana yaitu memakai baju hangat ketika hendak bepergian di musim dingin, seperti nasihat orangtua.

Virus flu biasanya masuk melalui hidung. Dalam sebuah percobaan yang dilakukan kepada tikus, para peneliti menemukan bahwa respon imun lebih besar jika suhu hidung 37 derajat celcius dibandingkan dengan suhu 33 derajat celcius. Para peneliti menyimpulkan bahwa memakai syal yang sampai ke hidung bisa menangkal penyakit.

Memakai syal yang sampai ke hidung bisa menangkal penyakit.

Penelitian lain dari Cardiff University juga mengungkap bahwa menjadi basah dan kedinginan karena hujan juga memicu munculnya penyakit flu.

Dalam penelitian ini melibatkan relawan yang diminta untuk memasukkan kaki mereka ke dalam ember yang berisi air dingin selama 20 menit. Sedangkan beberapa orang relawan lainnya memasukkan kaki ke dalam ember kosong.

Empat sampai lima hari kemudian, hampir sepertiga relawan yang memasukkan kakinya ke dalam ember berisi air menderita gejala flu.

Profesor Ron Eccles, salah satu peneliti mengatakan bahwa permukaan tubuh, terutama kaki, dapat menyebabkan gejala flu pada seseorang yang sudah menyimpan virus. Memang tidak ada penjelasan pasti, namun satu teori mengatakan bahwa semakin dingin menyebabkan hidung dingin, sehingga membuat kita rentan terhadap flu.