Pemanasan Global Membuat Kota ini Tak Lagi Tenggelam

By , Sabtu, 24 Januari 2015 | 20:15 WIB

Kita telah banyak mendengar atau membaca bahwa pemanasan global telah menyebabkan ketinggian air laut meninggi. Namun tahukah Anda bahwa ada kota yang semula tenggelam kemudian mengering karena pemanasan global? Jawabannya ada.

Dilansir dari surat kabar Argentina, La Nacion, sebuah kota yang berjarak 350 mil dari Buenos Aires kini tenggelam. Padahal dahulu kota ini dikenal sebagai kota penuh resort karena letaknya dekat Laguna de Epecuén. Sayangnya sejak tahun 1985, hujan turun begitu deras menyebabkan banjir di kawasan tersebut. Selang dua minggu kemudian, ketinggian air terus meningkat dan memaksa 5.000 pengunjung meninggalkan tempat wisata itu. Kemudian tahun 1991, seluruh kota akhirnya tenggelam dengan kedalaman 33 kaki dari permukaan danau.

Uniknya karena pemanasan global membuat kawasan itu menjadi lebih panas juga kering. Berdasarkan data dari NASA, argentina tengah menghadapi kekeringan paling parah. Buktinya, dengan pembentukan kanal baru membuat Villa Epecuén kembali kering. Namun tenggelamnya kota Villa Epecuén karena disebabkan banjir, namun ada pula yang menyebut karena kekeliruan tata letak.