Menggembirakan! Harimau Sumatra Kembar Tiga Lahir di Inggris

By , Sabtu, 24 Januari 2015 | 21:40 WIB

Harimau-harimau yang oleh para pegiat lingkungan disebut sebagai terancam punah tersebut dilahirkan oleh seekor harimau bernama Kirana dan berusia delapan tahun.

Kirana melahirkan ketiga harimau tersebut pada awal Januari setelah mengandung selama 105 hari.

Harimau Sumatra hanya ditemukan di pulau Sumatra, Indonesia. Mereka adalah harimau terkecil di dunia dan memiliki ciri khas garis-garis sempit. Garisnya adalah yang tersempit di antara harimau-harimau jenis lainnya.

Tim Rowlands dari kebun binatang Chester mengatakan bahwa dia senang dengan kelahiran istemewa tersebut. "Bagi saya ini sebuah kehormatan," ujar Rowlands.

Karena Kirana selalu menjaga anak-anaknya, tidak mungkin untuk memastikan jenis kelamin harimau kembar tiga tersebut untuk beberapa waktu ke depan.

"Awalnya kami tidak yakin Kirana melahirkan beberapa harimau. Kami hanya terus melihat bola-bola kecil berbulu. Namun sekarang kami sudah yakin bahwa Kirana melahirkan tiga harimau," tambah Rowlands.

Ini adalah kali ketiga anak harimau Sumatra lahir di Kebun Binatang Chester. Kirana sebelumnya sudah pernah melahirkan pada bulan Oktober 2011 dan Juni 2013.

Terdapat 300-400 harimau Sumatra di alam bebas, sedangkan sekitar 200-250 harimau Sumatra ada di kebun binatang di berbagai negara.