Ditemukan Ekosistem di Bawah Lapisan Es Antartika

By , Minggu, 25 Januari 2015 | 09:00 WIB

Peneliti dari Whillans Ice Stream Subglacial Access Research Drilling (WISSARD) menemukan ekosistem unik yang terletak di bawah es Antartika.

Setidaknya dibutuhkan waktu tiga hari untuk melakukan proses pengeboran. Mereka menggunakan bor air panas untuk menjangkau bagian bawah es. Penemuan ikan serta hewan invertebrata ini terletak 850 kilometer dari tepi kontinen Ross Ice  di Laut Ross.

Pada 16 Januari 2015 silam, mereka mengerahkan wahana bawah air (ROV) yang bernama Deep SCINI. Wahana ini mengeksplorasi sekitar 400 meter persegi rongga laut, di daerah sekitar lubang bor.

ROV ini dilengkapi kamera untuk mendeteksi ikan maupun hewan invertebrata di ekosistem dengan suhu minus 2 derajat Celcius dan minim cahaya.

“Menemukan ikan beserta ekosistem di bawah bongkahan es bukan hal baru,” ujar anggota tim Profesor John Priscu dari Montana State University. Sementara Dr. Ross Powell dari Northern Illinois University mengungkap bahwa temuan dinamika kehidupan di bawah lapisan beserta interaksinya, bahkan ekosistem sungguh penting bagi ilmu pengetahuan.

DEEP SCINI merupakan wahana bawah air yang baru pertama kali digunakan di lapangan.