Aksi Kanibalisme Hewan yang Tak Terduga

By , Minggu, 25 Januari 2015 | 21:00 WIB

Kejadian mengejutkan dialami Leejiah Dorward. Ketika mengelilingi Taman Nasional Kruger di Afrika Selatan tahun 2014 silam, ia mendapati seekor kuda nil tengah melakukan aksi kanibalisme.

“Saya sungguh terkejut. Kejadian yang saya lihat adalah hal yang belum pernah saya dengar sebelumnya,” papar Dorward. Sekembalinya dari Afrika Selatan, ia mencari literatur tentang kanibalisme kuda nil. Ternyata sejak tahun 1999, S. Keith Eltringham telah mengetahui kejadian tak biasa itu.

Selama ini kita ketahui bahwa kuda nil merupakan hewan herbivora. Tetapi dalam studi milik Joseph Dudley tahun 1998 juga memaparkan bahwa kuda nil pun menunjukkan aktivitas layaknya hewan karnivora. Dalam laporan itu, setidaknya dua kuda nil memburu dan memakan impala.

Sementara David Pfenning searing ahli biology dari University of North California mengungkap bahwa perilaku karnovora kuda nil akan menunjang kebutuhan nutrisinya.

“Kebiasaan ini terbilang aneh, kami membutuhkan bantuan orang lain pula untuk melaporkan kejadian ini,” papar Dorward.

Ternyata kebiasaan makan di luar kebiasaan ini, tak hanya terjadi pada kuda nil. Ada pula salamander harimau, beruang sloth, dan simpanse. 

Salamander harimau melakukan aksi kanibalisme pada beberapa larva yang dihasilkannya. Sedangkan beruang sloth di Kebun Binatang Smithsonian, Washington memakan beberapa anaknya sendiri. Dan 

Simpanse, menurut Pfenning melakukan aksi kanibalisme untuk mengurangi kompetisi perebutan makanan dan pasangan.