Pelayanan Siaga Banjir Jakarta

By , Selasa, 27 Januari 2015 | 11:02 WIB

Banjir sebagai akibat dari intensitas hujan yang semakin tinggi di Jakarta selama beberapa hari terakhir tidak dapat dihindari. Data dari BPBD DKI Jakarta menyebutkan bahwa hanya dalam kurun waktu Januari - Februari 2014 saja, ada lebih dari 250 ribu orang yang dievakuasi dan lebih dari 1 juta orang terkena dampak dari banjir Jakarta.

Siaga Banjir, sebuah upaya kolaborasi masyarakat untuk menghadapi musim banjir tahunan di Jakarta, hadir memberikan layanan terintegrasi untuk membantu warga Jakarta menghadapi banjir yang akan datang. Ada tiga fitur utama yang disediakan oleh Siaga Banjir.

 

Peta lokasi banjir Jakarta: Siaga Banjir mengumpulkan laporan banjir dari Twitter dan memetakannya ke dalam peta Google atau Google Maps. Pengguna dapat melakukan pencarian lokasi banjir melalui search box yang tersedia. (Lihat di sini)

Untuk dapat berkontribusi memberikan laporan, warga cukup melakukan Tweet dengan menyertakan tagar #siagabanjir dan menyebutkan nama lokasi di dalam isi Tweet-nya.

Sistem kami kemudian akan mendeteksinya dan dalam beberapa waktu akan muncul di peta. Selain itu, kami juga memetakan laporan banjir dari akun-akun pemberi informasi banjir seperti @TMCPoldaMetro, @lewatmana, @RadioElshinta.

Keunggulan peta lokasi banjir kami terletak pada interaksi yang bisa dilakukan melalui web, seperti melakukan upvote untuk laporan banjir yang dianggap paling membantu, serta report as fake untuk memvalidasi laporan banjir yang tidak valid.

 

Database posko bantuan banjir: Selain berisi laporan banjir, Siaga Banjir juga akan memetakan lokasi posko bantuan yang tersebar di Jakarta. Info yang ditampilkan mencakup kuota posko, jenis bantuan yang dibutuhkan, serta contact person dari posko tersebut. Hal ini ditujukan untuk memudahkan distribusi dan pemerataan bantuan di seluruh Jakarta.

Untuk menghindari adanya posko palsu/gadungan, kami hanya akan menampilkan lokasi posko dari partner yang sudah verified. Pendaftaran untuk menjadi partner tidak dikenakan biaya apapun dan saat ini pihak yang telah bergabung adalah BPBD DKI Jakarta dan Disaster Management Center Dompet Dhuafa.

 

Notifikasi banjir berdasarkan lokasi: Untuk memudahkan pengguna yang memiliki mobilitas tinggi, kami menyediakan layanan notifikasi banjir berdasarkan lokasi. Cukup daftarkan nama lokasi yang ingin dipantau dan pilih periode pengiriman notifikasi yang diinginkan, yaitu per 1/3/6/12 jam. Nantinya jika ada banjir yang terjadi dalam radius 2,5 km dari lokasi yang dipantau, maka pengguna akan mendapatkan notifikasi melalui surel.

Layanan ini kami jadikan fitur premium sebagai upaya menggalang dana untuk korban banjir. Senilai 70 persen dari total dana yang diperoleh dari fitur ini akan didonasikan ke Dompet Dhuafa. Pengguna dapat mengirimkan one-time-payment sebesar Rp 50.000 untuk memantau 1 lokasi yang akan dikirim ke surel pengguna.

 

Donasi dan dukungan untuk tim Siaga Banjir dapat diberikan melalui http://kitabisa.com/siagabanjir. Saat target fundraising sebesar Rp30.000.000 tercapai, kami akan merayakannya dengan memberikan layanan notifikasi gratis—untuk semua warga Jakarta, dengan jumlah lokasi yang ingin dipantau tak terbatas—hingga musim banjir Jakarta 2015 selesai.