Jakarta Paling Tidak Aman di Antara Kota-Kota Besar se-Dunia

By , Rabu, 28 Januari 2015 | 16:32 WIB

Dalam hal keamanan, Ibu Kota Jakarta menempati rangking terakhir di antara 50 kota besar dunia. Itu merupakan hasil riset dari The Economist Intelligence Unit dalam riset yang bertajuk "EIU Safe Cities Index 2015".

Sebagaimana dikutip dari safecities.economist.com, disebutkan bahwa laporan tersebut didasarkan pada 40 indikator kualitatif dan kuantitatif. Secara tematik, indikator tersebut adalah keamanan digital, kesehatan, keamanan infrastruktur, dan keamanan personal.

"Indikator-indikator ini berkaitan dengan kebijakan masing-masing kota, tingkat belanja masyarakat, serta tingkat kecelakaan kendaraan," tulis riset tersebut.

Sementara itu, pemilihan kota-kota besar yang masuk dalam daftar tersebut didasarkan pada tingkat pengaruh di level regional, serta ketersediaan data.

"Seiring dengan kencangnya pertumbuhan penduduk perkotaan, diperlukan upaya kreatif untuk menjaga keamanan masyarakat kota dengan biaya yang lebih murah," tulis laporan tersebut.

Berikut adalah daftar kota-kota dengan peringkat keamanan tertinggi dan yang terendah.

10 Kota dengan peringkat keamanan tertinggi:1. Tokyo2. Singapura3. Osaka4. Stockholm5. Amsterdam6. Sydney7. Zurich8. Toronto9. Melbourne10. New York10 Kota dengan peringkat keamanan terendah:41. Istanbul42. Delhi43. Moskow44. Mumbai45. Mexico City46. Riyadh47. Johannesburg48. Ho Chi Minh 49. Tehran50. Jakarta