Sakit pada Lutut Pertanda Radang Sendi

By , Rabu, 28 Januari 2015 | 18:07 WIB

Tahukah Anda bahwa lutut sakit bisa jadi tanda radang sendi? Ini menurut para peneliti Leeds University meneliti radang sendi pada 5000 orang selama tujuh tahun. Ternyata, jika naik tangga lutut sakit ini adalah tanda serius menderita radang sendi.

Penemuan ini penting sebab umumnya radang sendi hanya disadari ketika sudah parah. Namun jika dideteksi dari awal maka bisa diatasi.

Bentuk paling umum dari radang sendi adalah osteoartritis. Osteoartritis disebabkan otot yang sobek. Otot ini membantu sendi dalam mengangkat, menggenggam, ataupun berlutut.

Mereka yang diteliti harus menjawab pertanyaan setiap tahun selama tujuh tahun agar perkembangan radang sendi bisa dilacak. Untuk menghindarinya olahraga yang rutin bisa menjadi pencegah. Dengan olahraga, risiko terkena radang sendi akan berkurang.

Penelitian yang terbit di jurnal Arthritis Care and Research ini juga menunjukkan bahwa kebanyakan orang membiarkan begitu saja ketika lutut sakit. Padahal lutut sakit merupakan pertanda radang sendi.