Balon Terbang Lintasi Pasifik

By , Senin, 2 Februari 2015 | 14:07 WIB

Balon berisi udara yang dikemudikan oleh dua orang pilot mendarat di perairan Meksiko. Balon udara tersebut berhasil menyelesaikan penerbangan melintasi Pasifik selama satu pekan.

Pilot asal Amerika Troy Bradley dan Leonid Tiukhtyaev dari Rusia itu memecahkan dua rekor dunia dengan melampaui rekor jarak penerbangan balon udara 5.209 mil (8.383 kilometer) dalam penerbangan trans-Pasifik tahun 1981.

Penerbangan itu juga mengungguli rekor waktu sebelumnya, 137 jam, yang dicetak oleh tim yang menyeberangi Samudra Atlantik pada 1978.

Balon Two Eagles menorehkan sejarah dengan mencapai jarak 8.465 kilometer, yakni jarak yang lebih jauh 1 persen ketimbang rekor 8.383 kilometer.

"Two Eagles, telah melakukan pendaratan terkendali di perairan yang tenang sekitar empat mil dari pantai Baja," kata tim balon udara dalam sebuah pernyataan. "Balonnya stabil, masih berisi gas dan pilotnya baik-baik saja."

Kedua pilot itu berangkat dari Jepang pada hari Minggu dan berniat mengarah ke Kanada, tetapi rencana itu urung dijalankan karena kendala cuaca, rute pun dialihkan ke selatan, ke arah Meksiko.

Tim Two Eagles mengatakan bahwa pendaratan di air diperbolehkan dalam peraturan internasional pemecahan rekor balon udara dunia.

"Dua percobaan keliling dunia dengan dua tipe balon menggunakan tipe pendaratan balon berbeda di air dan disetujui," katanya.

Seperti kloset

Balon Two Eagles dirancang berteknologi tinggi – terbuat dari karet sintetis dan campuran serat karbon yang membuat bobotn lebih ringan yaitu 100 kg dibandingkan balon udara biasa.

Sebuah kapsul khusus yang dirancang duduk di bawah sebuah amplop berisi helium besar dan dirancang untuk tetap bertahan di ketinggian hingga 10 hari. Sementara kedua pilot itu mengendalikan balon dari ruangan seluas kloset dengan atap yang rendah.

Two Eagles juga dilengkapi dengan sederet monitor dan instrumen perekam jalur perjalanan. Rekaman itu harus diserahkan kepada badan aeronautika sebagai bukti pemecahan rekor.