Menikmati Keindahan Jamursba Medi Bersama Penyu

By , Sabtu, 30 Mei 2015 | 19:20 WIB

Berbicara tentang pariwisata Indonesia tentu tidak akan ada habisnya. Tahukah bahwa di provinsi Papua banyak sekali tempat yang sangat indah. Seperti Danau  Sentani, Raja Ampat, Lembah Baliem, Pantai Amai,  Jamursba Medi dan masih banyak lagi.

Ya, Jamursba Medi nama yang mungkin terdengar asing. Jamursba merupakan pantai yang memiliki pasir yang lebih halus, air yang jernih, udara yang bebas polusi, serta pemandangan laut yang indah dapat membuat anda rilex. Tidak hanya itu, yang membuat istimewa dari pantai ini adalah terdapat beberapa jenis penyu yang berada di sini untuk menetaskan telur, diantara-nya penyu belimbing, penyu raksasa, penyu sisik, dan penyu hijau.

Pantai yang terletak di bagian utara Sorong, Papua tepatnya diantara Desa Warmandi dan Desa Saubeba. Akses menuju tempat ini cukup sulit karena kontur jalan yang licin ketika hujan. Sehingga kendaraan sulit melaju kencang dan memakan waktu yang cukup lama. Sekitar 6 jam dari pusat kota dengan jalur darat dan laut dengan speed boat. Ada baik-nya jika menggunakan kendaraan pribadi  dan tetap berhati-hati.

Pantai ini tidak hanya untuk berwisata namun menjadi tempat perlindungan sarang penyu  sejak April 2000 oleh WWF Bioregion Sahul dan BKSDA-IRJA II berdasarkan staf Direktorat Jendral PHPA mendirikan Yayasan Penyu Laut Indonesia (YPLI) upaya untuk melindungi spesies penyu khusus- penyu belimbing tentu mendapat dukungan kuat dari masyarakat sekitar.