Hari Ini, BMKG Prediksi Hujan Deras dan Banjir Rob Landa Jakarta

By , Kamis, 12 Februari 2015 | 09:32 WIB

Hujan dengan tingkat intensitas tinggi seperti pada Minggu (8/2) malam diprediksi akan kembali mengguyur wilayah Jakarta pada Kamis (12/2) malam. Selain intensitasnya tinggi, cakupan wilayah yang akan diguyur hujan juga lebih luas.

Kepala Bidang Cuaca Ekstrem Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kukuh Rubidianto mengatakan, apabila pada Minggu malam lalu hujan dengan intensitas tinggi hanya berfokus di wilayah utara Jakarta, maka pada hujan yang diprediksi turun hari ini akan mencakup seluruh wilayah DKI Jakarta sampai dengan Bogor.

"Jadi pada tanggal 12 (Februari) malam hingga 13 dini hari diperkirakan akan turun hujan dengan intensitas yang tinggi dan lebih luas, mungkin sampai ke Bogor. Kemarin (Minggu) kan Bogor hujan, tapi intensitasnya ringan hingga sedang," kata Kukuh, Rabu (11/2).

Selain hujan deras, kata Kukuh, selama tiga hari berturut-turut, tepatnya dari tanggal 12 hingga 14 Februari, banjir rob dengan ketinggian tertinggi, yakni sekitar satu meter, diprediksi juga akan terjadi di wilayah pantai Jakarta. Banjir rob diprediksi akan terjadi dari pukul 07.00-09.00.

"Jadi hujan derasnya berbarengan dengan rob. Cuma hujan derasnya satu malam, kalau robnya tiga hari berturut-turut dan terjadi dari pukul 07.00-09.00," ucapnya.