Pedasnya Cabai Mampu Menurunkan Berat Badan

By , Minggu, 15 Februari 2015 | 12:00 WIB

Penyuka makanan pedas pasti akrab dengan cabai. Rasanya makan tak nikmat jika belum merasakan sensasi rasa pedas. Manfaat cabai ternyata bukan hanya menambah nafsu makan saja.

Penelitian Universitas Wyoming mengungkapkan, makan cabai bisa membantu menurunkan berat badan. Menurut penelitian, cabai mengandung senyawa capsaicin yang membuatnya terasa pedas.  Capsaicin ini dipercaya dapat mempercepat metabolisme dalam tubuh.

Capsaicin akan membuat tubuh terasa panas sehingga  membakar lemak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa capsaicin akan membantu mengubah lemak putih menjadi lemak cokelat. 

Untuk diketahui, lemak cokelat merupakan lemak baik dalam tubuh. Lemak cokelat biasanya terdapat pada bagian leher, bahu, maupun punggung. Lemak cokelat dapat meningkatkan pengeluaran energi dan membakar kalori dalam tubuh.

Menurut peneliti, casaicin dalam cabai ini pun dapat mencegah seserorang obesitas. Bahkan dapat mencegah komplikasi kesehatan karena obesitas seperti diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, dan penyakit kardiovaskular lainnya.

Penelitian ini pun diharapkan dapat menjadi solusi menu diet dan mencegah obesitas secara alami. Selain cabai, capsaicin juga terdapat pada paprika.Namun, penelitian ini masih berlanjut karena belum dilakukan uji klinis pada manusia. Penelitian ini telah dipersentasikan dalam  pertemuan Biofisik Society ke 59 di Baltimore, Amerika Serikat.