Waktu Hibernasi Beruang Grizzly Berkurang, Alasannya?

By , Minggu, 15 Februari 2015 | 17:00 WIB

Beruang coklat atau grizzly di Taman Nasional Yellowstone terpaksa mengurangi waktu hibernasinya. Alasannya karena suhu yang sudah tidak lagi dingin.

Kejadian ini telah dikonfirmasi oleh para penjaga taman nasional pada Senin (9/2). Menurut mereka, biasanya beruang coklat ini baru terbangun dari tidur panjangnya di musim dingin sekitar awal bulan Maret.  

Penjaga taman nasional juga memperingatkan kepada pengunjung Taman Nasional Yellowstone untuk selalu waspada. “Karena beruang sudah terbangun dari hibernasinya, dikhawatirkan para pemain ski dan pengunjung lain membuat kebisingan. Beruang mungkin akan merasa terganggu,” papar petugas taman nasional.

Menujuk pada peraturan taman nasional, pengunjung harus berjarak setidaknya 100 meter dari beruang grizzly. Peraturan ini juga dianggap sebagai jarak aman sehingga keselamatan pengunjung tetap terjaga. Sementara untuk mengamati gerak-gerik beruang ini, pengunjung dapat menggunakan teropong maupun lensa tele.

Mengingat beruang ini cukup lincah, jarak aman 100 meter hendaknya dipatuhi oleh seluruh pengunjung. Bahkan petugas taman nasional selalu dilengkapi senjata api untuk menghalau jika saja beruang sewaktu-waktu menyerang.