Ketika Anjing Bercermin, Inilah yang Terjadi...

By , Minggu, 15 Februari 2015 | 19:00 WIB

Anjing, mereka dapat mengenali hewan atau anjing lain ketika di cermin. Namun tahukah bahwa anjing tidak dapat mengenali dirinya sendiri ketika bercermin?

“Anjing sangat cerdas dan mudah beradaptasi layaknya manusia. Namun anjing tidak memiliki perkembangan kognitif untuk mengenali dirinya secara visual, baik melalui cermin, foto atau video,” papar Liz Stelow dari University of California kepada National Geographic. 

Sebuah studi menguji apakah anjing dapat menggunakan cermin sebagai alat mencari hasil makanan. Hasilnya tidak terlalu mengejutkan karena anjing berevolusi untuk berkomunikasi melalui aroma dan bau. “Penciuman menjadi lebih penting daripada visual,” papar Stelow.

Lebih lanjut, seorang psikolog hewan dari Hunter Collage, New York, Diana Reiss mengungkap bahwa self recognitoin memang bukan perkara mudah. “Dibutuhkan banyak integrasi informasi tentang diri dan gerakan, serta apa yang tampak,” ujar Reiss.

Itulah sebabnya mengapa bayi membutuhkan waktu sekitar 18 sampai 24 bulan untuk mengetahui apa yang dilihatnya di cermin.