Kasus Hepatitis A Akibat Buah Beri dari Tiongkok Semakin Bertambah

By , Kamis, 19 Februari 2015 | 19:30 WIB

Jumlah warga Australia yang terserang Hepatitis A setelah memakan buah beri beku meningkat menjadi 14 orang di empat negara bagian. Departemen Kesehatan Australia mengatakan mereka sedang menyusun respon kesehatan nasional untuk mengatasi wabah itu.

Anak-anak di beberapa sekolah di seluruh negara bagian mungkin telah mengonsumsi buah beri yang tercemar itu. Menanggapi hal itu, distributor buah beri tersebut, Patties Food menarik empat produk mereka.

Beri beku yang dikemas di Tiongkok ini diduga menjadi penyebab wabah Hepatitis A tersebut. Namun, Kepala Pejabat Medis Australia Chris Baggoley, mengatakan dalam jumpa persnya bahwa sumber virus itu masih belum bisa dikonfirmasi. Walau ia mengakui bahwa beri itu adalah satu-satunya kaitan di antara semua kasus.

Baggoley mengatakan sangat penting untuk meletakkan kasus ini dalam perspektif yang tepat. Setidaknya hanya satu dari 100 orang yang mengonsumsi beri impor dari Tiongkok itu yang terkena Hepatitis A.

"Beberapa orang akan mengalami gejala-gejala Hepatitis A, beberapa lainnya akan mengalami gejala ringan... tapi penyembuhan total adalah kunci," katanya.

Sedangkan Senator Nick Xenophon mengatakan wabah itu mengungkap "kegagalan sistematis" dalam pengawasan keamanan makanan impor Australia.

"Beri ini dianggap 'berisiko rendah' tapi tidak lolos pemeriksaan kesehatan dasar, karena mengandung bakteri yang umumnya ditemukan di tinja," kata Xenophon, seperti dikutip ABC.

Hepatitis A adalah penyakit hati yang bisa mengakibatkan mual dan demam. Penyakit ini biasanya menular melalui makanan atau air yang tercemar tinja dari orang yang mengidap virus ini.