Cuci Piring dengan Tangan, Anak Lebih Kebal Alergi

By , Selasa, 24 Februari 2015 | 16:00 WIB

Hasil pada suatu penelitian di Swedia menunjukkan bahwa mencuci piring menggunakan tangan lebih baik dalam membantu proses kebal alergi pada anak ketimbang mencuci piring dengan menggunakan mesin dishwasher—seperti yang sering dilakukan keluarga zaman kini di Amerika dan Eropa.

Menurut hasil penelitian yang diterbitkan jurnal online Pediatrics pada 23 Februari lalu, keluarga yang menggunakan dishwasher untuk mencuci piring kotor mereka memang berpotensi menghilangkan kuman secara efektif. Namun, disebutkan bahwa dengan begitu tidak membuat tubuh anak-anak kebal akan mikrobakteri.

Para pakar kesehatan menambahkan, bila tubuh seorang anak sering terjangkit bakteri sejak kecil, bakteri tersebut justru akan merangsang sistem kekebalan tubuh sehingga ke depannya sang anak tidak mudah terserang alergi.

Penelitian dilakukan dengan menyebarkan kuesioner yang diberikan kepada orangtua dari 1000 orang anak di Swedia, yang berisikan pertanyaan tentang penyakit alergi yang pernah terjangkit pada anak mereka, seberapa sering mereka mengkonsumsi makanan berfermentasi ataupun makanan organik, juga metode mencuci piring yang dilakukan di rumah.

Hasilnya, terlihat bahwa anak yang tumbuh dengan keluarga yang mencuci piring mereka menggunakan tangan dan anak yang memakan lebih banyak makanan berfermentasi memiliki sejarah penyakit dan alergi yang cenderung lebih rendah dibanding mereka yang mencuci piring menggunakan dishwasher dan makan makanan non-fermentasi.