Citra Satelit yang Memperlihatkan Peristirahatan Terakhir Pesawat

By , Sabtu, 28 Februari 2015 | 17:00 WIB

Bukan hanya manusia yang memiliki tempat peristirahatan terakhir, namun pesawat juga punya. Lantas dimanakah letaknya? Gurun Arizona di Amerika Serikat merupakan tempat peristirahatan bagi ribuan pesawat. Tempat itu diberi nama Boneyard.

Luas tempat istirahat massal pesawat militer ini mencapai 2.600 hektar. Di Boneyard, Anda dapat menemui beragam pesawat tua tak terpakai milik Amerika Serikat. 

Gurun Arizona dipilih menjadi tempat 'pemakaman massal' pesawat tak terpakai karena tempat ini dianggap sempurna untuk menyimpan baja. Pasalnya, Gurun Arizona memiliki kelembaban rendah serta curah hujan yang kecil sehingga potensi karat pada baja sedikit. Untuk landasan parkir pesawat tidak perlu dibuat beton karena tanah sudah cukup keras.

Microsoft Bing menampilkan citra satelit dari Boneyard dengan resolusi tinggi. (Photo via Dailymail)

Meskipun Boneyard bukanlah tempat istirahat terakhir pesawat satu-satunya, namun dapat dikatakan yang paling besar. Karena di Boneyard setidaknya ada 4.400 pesawat terparkir rapi di Gurun Arizona.

Semua pesawat yang terparkir di Gurun Arizona dikosongkan bahan bakarnya, perangkat peledak dilepas, dan pesawat dicat putih untuk menangkal sinar matahari. 

Sekarang, Microsoft Bing telah memperlihatkan pemandangan Boneyard dengan sangat memukau. Citra satelit yang digunakannya mampu memperlihatkan daerah yang belum terlihat sebelumnya, bahkan secara terperinci dengan tiga dimensi.