Susu Bergizi Pengganti Susu Sapi

By , Senin, 2 Maret 2015 | 20:00 WIB

Siapa yang tidak suka susu? Minuman bergizi yang disukai anak-anak ini memiliki beberapa manfaat. Diantaranya sumber kalsium dan protein baik untuk pertumbuhan tulang, menjaga kesehatan gigi, menjaga berat badan,  dan memperbaiki tekanan darah.

Susu yang sering dikonsumsi biasanya susu sapi atau susu hewani lainnya seperti susu kambing, domba atau lainnya. Namun tidak semua orang cocok minum susu hewani tersebut karena alergi.

Jangan khawatir, karena ada beberapa pengganti susu hewani, seperti berikut:

1. Susu Kedelai

Susu yang terbuat dari ekstrak kedelai ini banyak dijumpai diberbagai tempat dan tak kalah dengan susu sapi, susu kedelai ini juga digemari khususnya anak-anak. memiliki kandungan protein kedelai yang berfungsi menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Serta penambahan kalsium , vitamin A dan D. Sekararng tidak hanya rasa original, susu kedelai ini juga sudah tersedia berbagai rasa diantaranya stroberi, coklat, kacang hijau dan lainnya.

2. Susu Beras

Air beras atau biasa dikenal dengan tajin termasuk dalam susu alami yang mengandung hipoalergenik dan bebas dari kacang, gluten, kedelai, kandungan protein rendah dan karbohidrat yang cukup.

3. Santan

Berasal dari kelapa atau biasa disebut santan ini juga pengganti dari susu sapi, secara tekstur dan warna mirip dengan susu sapi. Namun kandungan lemak pada santan ini banyak, terdapat 5 gram lemak jenuh dalam satu cangkir susu. Tidak hanya untuk dikonsumsi langsung, namun dapat digunakan untuk membuat kue.

4. Susu Almond

Susu yang terbuat dari kacang almond ini, secara tekstur mirip seperti krim dan biasanya digunakan untuk membuat kue atau memasak. Kandungan protein yang lebih sedikit dari susu kedelai ini juga terdapat 60 kalori dalam secangkir susu almond. Kandungan lain dari susu almond yakni vitamin E, bebas kolesterol dan lemak jenuh.

5. Susu Biji Rami

Susu yang terbuat dari biji rami yang dihaluskan ini digemari oleh vegetarian, karena dapat mencegah inflamasi. Kandungan omega 3 untuk mencegah penyakit jantung. Sangat cocok untuk pengganti susu sapi, alergi kedelai, gluten dan kacang-kacangan.