Zaman Es Telah Berakhir, Namun Penguin Kaisar Tetap Bertahan

By , Rabu, 4 Maret 2015 | 19:30 WIB

Ketika zaman es berakhir di Bumi, penguin kaisar mengalami kesulitan untuk bertahan hidup. Namun, mereka tetap bertahan hingga sekarang. Apa yang menyebabkan mereka tetap bertahan? 

Walau hanya ada tiga populasi penguin kaisar kemungkinan selamat sejak 19.500 hingga 16.000 tahun lalu, penelitian ini ingin mencari tahu alasannya. 

Penelitian ini mengungkap, ada kemungkinan salah satu populasi penguin kaisar mendirikan tempat perlindungan di Laut Ross, sekitar daerah tenggara Selandia Baru.

Menurut penelitian, bahwa perubahan iklim memberikan peranan penting bagi kehidupan penguin kaisar selama 30.000 tahun terakhir. Berdasarkan hasil radiokarbon pada kerangka penguin kaisar kuno, spesies ini telah mengalami banyak perubahan.

Dahulu, penguin kaisar berkembang biak pada suhu dingin yakni minus 30 derajat celcius. Dengan berakhirnya zaman es, membuat peningkatan suhu es di lautan membuat penguin kaisar terpaksa berkembang biak pada suhu minus 13 derajat celcius. 

Mengenai populasi, tentu saja sangat jauh berkurang dibandingkan saat zaman es. Salah satu kawanan penguin yang terisolasi di Laut Ross, sementara kawanan lain tersebar di sepanjang pantai Antartika dan di sekitar Australia hingga Argentina.

Sayangnya, perubahan iklim yang terus terjadi menyebabkan jumlah es di sekitar Laut Ross terus mengalami penyusutan.