Larangan Perdagangan Gading oleh Pangeran William

By , Kamis, 5 Maret 2015 | 12:15 WIB

Dalam kunjungan di Cina, Pangeran William menyerukan agar perdagangan gading diakhiri sebagai upaya menyelamatkan populasi gajah di dunia.

Pernyataan tersebut disampaikan Pangeran William di hari terakhir kunjungannya di Cina, Rabu (04/03).

Ia menyerukan kepada warga untuk tidak lagi membeli produk-produk gading.

"Pada akhirnya, memutus permintaan gading sangat tergantung pada penduduk di seluruh dunia," kata cucu Ratu Elizabeth II itu dalam konferensi konservasi di Provinsi Yunnan.

Lebih lanjut ia mengatakan tak ada tradisi atau model pakaian yang patut dilestarikan apabila sampai membuat suatu spesies punah.

Produk-produk gading di Cina biasanya tergolong barang mewah. Negara itu tercatat sebagai importir gading gelap terbesar di dunia.

Perdagangan gading secara umum memang dilarang, tetapi penjualan sebagian produk dari gading yang berasal dari persediaan legal masih diperbolehkan.

Pekan lalu, pemerintah Cina memberlakukan larangan impor gading selama satu tahun di tengah kecaman pedas bahwa permintaan akan gading menyuburkan perburuan gajah.

Seorang pejabat mengatakan larangan ini adalah langkah kongkret untuk menekan permintaan akan gading dari Afrika dan untuk melindungi gajah liar.