Malaysia Meyakini MH370 Akan Ditemukan di Samudera Hindia

By , Minggu, 8 Maret 2015 | 09:20 WIB

Menteri Transportasi Malaysia mengatakan dia meyakini bahwa pesawat MH370 akan ditemukan di Samudra Hindia. Liow Tiong Lai mengatakan, pemerintah Malaysia tidak pernah menyembunyikan informasi apapun tentang pesawat tersebut.

Dia mengatakan kepada BBC, Malaysia akan melanjutkan pencarian pesawat yang membawa 239 orang penumpang beserta awaknya. Hal itu dia utarakan menjelang satu tahun hilangnya pesawat milik maskapai penerbangan Malaysia Airlines itu.

MH370 hilang dalam perjalanan dari Kuala Lumpur menuju Beijing pada 8 Maret 2014. Departemen penerbangan sipil Malaysia akan merilis laporan sementara tentang hilangnya pesawat itu pada hari Sabtu (7/3).

Australia memimpin tim pencarian internasional di Samudera Hindia bagian selatan yakni sekitar 1.600 kilometer dari lepas pantai barat negara itu. Lebih lanjut, Malaysia dan Australia juga telah menyiapkan anggaran baru untuk mencari pesawat MH370 yakni sebesar US$93 juta atau £61 juta.

Awal pekan ini, Australia, Indonesia dan Malaysia telah mengumumkan percobaan metode baru untuk melacak penerbangan jarak jauh setelah kasus hilangnya MH370.

Sistem baru ini akan memungkinkan pesawat dapat dilacak setiap 15 menit, yang merupakan peningkatan dari sistem lama yang hanya mampu melacak setiap setiap 30 sampai 40 menit.