Aplikasi Iphone untuk Mendata Kesehatan Pasien

By , Selasa, 10 Maret 2015 | 12:30 WIB

Aplikasi Iphone terbaru memungkinkan para dokter mengumpulkan data tentang kondisi kesehatan pasien.

Aplikasi yang dinamakan Research Kit tersebut baru saja dirilis kemarin, (9/3) di Cupertino, California.

ResearchKit mengizinkan para dokter untuk mengembangkan aplikasinya untuk mengumpulkan data kesehatan para pasien, mulai dari pasien penderita asma hingga ke penderita Parkinson.

Sejauh ini, dokter telah mengembangkan aplikasi tersebut untuk meneliti tentang penyakit Parkinson, gula darah, asma, penyembuhan kanker payudara, dan kesehatan kardiovaskular (jantung dan urat darah).

Namun karena metode pengembangan aplikasi ini adalah open-source, yang berarti setiap orang dapat ikut berkontribusi mengembangkan aplikasi ini, maka kemungkinan akan banyak aplikasi-aplikasi serupa yang akan muncul, kata Dr. Michael McConnell, seorang profesor kardiovaskular di Standford University School of Medicine. Dr. Michael sendiri berkontribusi dalam pengembangan ResearchKit dengan menciptakan fitur untuk mengukur kesehatan jantung.

Dengan aplikasi tersebut, para dokter dan ilmuwan mengukur kesehatan pasien dengan melihat reaksi dari obat yang mereka konsumsi, aktivitas yang dilakukan pasien setiap harinya, dan gaya hidup si pasien tersebut.

Namun pengembangan aplikasi ini menjadi kurang efektif karena terbatasnya data yang didapat dari laporan pasien, sehingga para dokter tidak dapat memberikan analisa tentang resiko penyakit lebih jauh lagi.

“Sekarang ini, kami berharap akan ada semakin banyak orang yang memberikan data kesehatan mereka, sehingga kami dapat melakukan riset yang lebih baik, lebih mendunia, untuk mengembangkan aplikasi ini.” Tutup Dr.Michael McConnell.