200 Tahun Gelegar Tambora, Peristiwa Sekali Seumur Hidup

By , Rabu, 11 Maret 2015 | 21:00 WIB

Tepat 5 April 2015 mendatang, dunia akan menyambut sekaligus mengenang 200 tahun meletusnya Gunung Tambora di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat. Guna menyambut peristiwa bersejarah itu, Tambora Menyambut Dunia (TMD) digelar sebagai bentuk event pariwisata. Kegiatan pariwisata ini telah digelar sejak Maret hingga Agustus 2015 dan puncaknya April 2015.

Beragam acara dilangsungkan, mulai dari pagelaran seni budaya, wisata minat khusus, sport advanture hingga seminar. Puncaknya, sebanyak 15 ribu wisatawan dalam maupun luar negeri diperkirakan akan menyambangi kawasan Gunung Tambora.

Lanskap ladang garam yang terekam dalam perjalanan udara Tim Penjelajahan 200 Tahun Gelegar Tambora dari Denpasar, Bali menuju Bima, Nusa Tenggara Barat. Perjalanan ini ditempuh dengan menggunakan pesawat jenis ATR 72-600 milik maskapai Garuda Indonesia. (Dwi Oblo/National Geographic Indonesia)

Peringatan sekaligus perayaan ini disambut baik oleh Menteri Pariwisata Republik Indonesia Arief Yahya. "Kita menargetkan tahun ini 10 juta wisman kemudian naik dua kali lipat 20 juta wisman pada 2019," ungkap Arief Yahya di Jakarta, Rabu (11/3).

Menurutnya, Nusa Tenggara Barat adalah destinasi wisata unggulan yang juga sebagian dari Great Bali. Dari sekitar 40 persen wisman yang berkunjung ke Indonesia masuk melalui Pulau Dewata dan diharapkan dapat juga tertarik melanjutkan wisatanya ke NTB atau kawasan timur Indonesia.

Mengingat 200 tahun meletusnya Gunung Tambora penting untuk diperingati secara khusus, tak ada salahnya merancang liburan Anda ke Nusa Tenggara Barat. Peringatan penting yang hanya akan terjadi satu kali seumur hidup, jangan lewatkan!