21 Srikandi Kembali Kobarkan Semangat Nasional

By , Rabu, 27 Mei 2015 | 14:30 WIB

21 Srikandi untuk ke-5 kalinya siap mengayuh semangat nasional dalam kampanye “Srikandi Inspirasi Bagi Negeri” yang meneladani semangat pejuang pahlawan perempuan nasional. Kampanye yang diselenggarakan oleh Komunitas Bike to Work Indonesia ini akan dimulai bertepatan dengan hari Lingkungan Hidup Sedunia pada 5 Juni 2015.

Spesialnya di jilid ke-5 ini, 21 perempuan yang lolos seleksi dari berbagai provinsi ini akan menyusuri dua provinsi top tourism destination, yakni Nusa Tenggara Barat dan Bali. Selama tujuh hari mereka akan mengayuh pedal sejauh 700 kilometer. “Rute yang akan dilalui para srikandi memang populer, tapi tidak semua orang sanggup melewatinya dengan mengayuh sepeda.” ujar Tense Manulu selaku Koordinator Lapangan Srikandi dalam konferensi pers (26/5).

Adapun enam etape yang harus dilalui oleh para Srikandi memiliki tantangan tersendiri. Pupung Kustanti (43), Srikandi tertua di tahun ini mengaku siap menghadapi elevasi, 18 tanjakan dan etape terpanjang yakni Dompu menuju Sumbawa sejauh 190 kilometer. “Persiapan fisik dan mental itu pasti, kami rutin latihan dan menstabilkan stamina sampai hari yang kami nantikan tiba.” ujar Srikandi senior yang akrab disapa Pungki.

Etape terpanjang yang akan ditempuh oleh Srikandi Inspirasi Bagi Negeri 2015, yakni dari Dompu menuju ke Sumbawa Besar sejauh 190 kilometer. (B2W)

Para Srikandi yang datang dari berbagai latar belakang ini akan membawa misi untuk disampaikan kepada masyarakat setempat. Salah satunya adalah membangun kesadaran akan lingkungan hidup. Nantinya para Srikandi akan membagikan bibit pohon yang akan ditanam di seluruh jalur yang mereka lalui. “Selain menelusuri pulau-pulau cantik di Indonesia, aksi cinta bumi akan diterapkan di seluruh wilayah NTB, ini upaya kami untuktetap membirukan langit.” ungkap Toto Sugito, Ketua Umum Bike to Work Indonesia.

Srikandi yang telah melewati lima tahap seleksi ini pada hari ke-4 akan ditemani oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Siti Nurbaya, Menteri KLHK akan bersepeda bersama sekaligus menyerahkan bibit pohon trembesi di Sumbawa. “Tidak hanya bu Siti, nanti Duta Besar Norwegia dan keluarga akan ikut bersepeda bersama para Srikandi.” jelas Seklie, Humas Bike to Work Indonesia.